BPBD Kab. Demak Gelar Pelatihan Pengembangan TRC-PB

Sekretaris Daerah Kabupaten Demak Akhmad Sugiharto menghadiri pelatihan pengembangan kapasitas tim reaksi cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) yang digelar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Demak di Aula BPBD Demak, Sabtu (29/06/2024).

Pelatihan tersebut diikuti dari personil BPBD Kabupaten Demak, Para Relawan, unsur TNI/Polres, berjumlah 85 orang dan akan digelar selama dua hari bertempat di pantai pasir putih Kab. Jepara.

Diketahui, TRC-PB ialah tim terpadu lintas sektor yang melakukan tindakan segera setelah ada informasi awal kejadian atau ancaman bencana, dengan tugas melakukan pengkajian cepat, melakukan penyelamatan dan evakuasi, melakukan pemenuhan kebutuhan dasar pada awal kedaruratan bencana dan melaporkan situasi kedaruratan sebagai bahan rekomendasi dalam pengambilan kebijakan lebih lanjut.

Dalam sambutannya, Sekda Demak Sugiharto mengatakan Tim Reaksi Cepat (TRC) merupakan garda terdepan dalam penanggulangan bencana. Kehadiran TRC sangat krusial dalam memberikan respons yang cepat, tepat, dan efektif terhadap berbagai jenis bencana yang bisa terjadi di daerah kita.

“Peningkatan kapasitas ini merupakan salah satu upaya kita untuk meningkatkan kapasitas TRC agar dapat menjadi tim yang lebih solid, disiplin, dan andal dalam menghadapi berbagai situasi darurat,” tuturnya.

Lebih lanjut, Sekda Sugiharto menuturkan, bahwa tujuan akhir dari peningkatan kapasitas tersebut adalah untuk membentuk TRC yang andal dan dapat diandalkan oleh daerah.

“Menjadi tim yang andal berarti memiliki kompetensi yang tinggi, kesiapsiagaan yang selalu terjaga, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai situasi. Selain itu, tim yang andal juga harus memiliki dedikasi dan komitmen yang kuat untuk melayani masyarakat dengan sepenuh hati,” pungkasnya. (Prokompim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *